Top 10 JOESAFIRA blog dalam 7 hari ..


Apa itu Neobux? Klik Disini

Karakteristik Pada Remaja
KARAKTERISTIK PADA REMAJA

1. Transisi Biologis

Menurut Santrock ( 2003 : 91 ) perubahan fisik yang terjadi pada remaja terlihat nampak pada saat masa pubertas yaitu meningkatnya tinggi dan berat badan serta kematangan sosial. Diantara perubahan fisik itu, yang terbesar pengaruhnya pada perkembangan jiwa remaja adalah pertumbuhan tubuh ( badan menjadi semakin panjang dan tinggi ). Selanjutnya, mulai berfungsinya alat-alat reproduksi ( ditandai dengan haid pada wanita dan mimpi basah pada laki - laki ) dan tanda-tanda seksual sekunder yang tumbuh ( Sarlito Wirawan Sarwono, 2006 : 52 ).

Selanjutnya, Menurut Muss ( Dalam Sunarto & Agung Hartono, 2002 : 79 ) menguraikan bahwa perubahan fisik yang terjadi pada anak perempuan yaitu ; perertumbuhan tulang - tulang, badan menjadi tinggi, anggota - anggota badan menjadi panjang, tumbuh payudara.Tumbuh bulu yang halus berwarna gelap di kemaluan, mencapai pertumbuhan ketinggian badan yang maksimum setiap tahunnya, bulu kemaluan menjadi kriting, menstruasi atau haid, tumbuh bulu - bulu ketiak.

Sedangkan pada anak laki - laki peubahan yang terjadi antara lain; pertumbuhan tulang - tulang, testis ( buah pelir ) membesar, tumbuh bulu kemaluan yang halus, lurus, dan berwarna gelap, awal perubahan suara, ejakulasi ( keluarnya air mani ), bulu kemaluan menjadi keriting, pertumbuhan tinggi badan mencapai tingkat maksimum setiap tahunnya, tumbuh rambut-rambut halus diwajaah ( kumis, jenggot ), tumbuh bulu ketiak, akhir perubahan suara, rambut - rambut diwajah bertambah tebal dan gelap, dan tumbuh bulu dada.

Pada dasarnya perubahan fisik remaja disebabkan oleh kelenjar pituitary dan kelenjar hypothalamus. Kedua kelenjar itu masing - masing menyebabkan terjadinya pertumbuhan ukuran tubuh dan merangsang aktifitas serta pertumbuhan alat kelamin utama dan kedua pada remaja ( Sunarto dan Agung Hartono, 2002 : 94 )

2. Transisi Kognitif

Menurut Piaget ( dalam Santrock, 2002 : 15 ) pemikiran operasional formal berlangsung antara usia 11 sampai 15 tahun. Pemikiran operasional formal lebih abstrak, idealis, dan logis daripada pemikiran operasional konkret. Piaget menekankan bahwa bahwa remaja terdorong untuk memahami dunianya karena tindakan yang dilakukannya penyesuaian diri biologis. Secara lebih lebih nyata mereka mengaitkan suatu gagasan dengan gagasan lain. Mereka bukan hanya mengorganisasikan pengamatan dan pengalaman akan tetapi juga menyesuaikan cara berfikir mereka untuk menyertakan gagasan baru karena informasi tambahan membuat pemahaman lebih mendalam.

Menurut Piaget ( dalam Santrock, 2003 : 110 ) secara lebih nyata pemikiran opersional formal bersifat lebih abstrak, idealistis dan logis. Remaja berpikir lebih abstrak dibandingkan dengan anak - anak misalnya dapat menyelesaikan persamaan aljabar abstrak. Remaja juga lebih idealistis dalam berpikir seperti memikirkan karakteristik ideal dari diri sendiri, orang lain dan dunia. Remaja berfikir secara logis yang mulai berpikir seperti ilmuwan, menyusun berbagai rencana untuk memecahkan masalah dan secara sistematis menguji cara pemecahan yang terpikirkan.

Dalam perkembangan kognitif, remaja tidak terlepas dari lingkungan sosial. Hal ini menekankan pentingnya interaksi sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif remaja.

3. Transisi Sosial

Santrock ( 2003 : 24 ) mengungkapkan bahwa pada transisi sosial remaja mengalami perubahan dalam hubungan individu dengan manusia lain yaitu dalam emosi, dalam kepribadian, dan dalam peran dari konteks sosial dalam perkembangan. Membantah orang tua, serangan agresif terhadap teman sebaya, perkembangan sikap asertif, kebahagiaan remaja dalam peristiwa tertentu serta peran gender dalam masyarakat merefleksikan peran proses sosial - emosional dalam perkembangan remaja. John Flavell ( dalam Santrock, 2003 : 125 ) juga menyebutkan bahwa kemampuan remaja untuk memantau kognisi sosial mereka secara efektif merupakan petunjuk penting mengenai adanya kematangan dan kompetensi sosial mereka.

Perkembangan sosial anak telah dimulai sejak bayi, kemudian pada masa kanak-kanak dan selanjutnya pada masa remaja. Hubungan sosial anak pertama-tama masing sangat terbatas dengan orang tuanya dalam kehidupan keluarga, khususnya dengan ibu dan berkembang semakin meluas dengan anggota keluarga lain, teman bermain dan teman sejenis maupun lain jenis ( dalam Rita Eka Izzaty dkk, 2008 : 139 ).

Berikut ini akan dijelaskan mengenai hubungan remaja dengan teman sebaya dan orang tua :

a. Hubungan dengan Teman Sebaya

Menurut Santrock ( 2003 : 219 ) teman sebaya ( peers ) adalah anak-anak atau remaja dengan tingkat usia atau tingkat kedewasaan yang sama. Jean Piaget dan Harry Stack Sullivan ( dalam Santrock, 2003: 220 ) mengemukakan bahwa anak-anak dan remaja mulai belajar mengenai pola hubungan yang timbal balik dan setara dengan melalui interaksi dengan teman sebaya. Mereka juga belajar untuk mengamati dengan teliti minat dan pandangan teman sebaya dengan tujuan untuk memudahkan proses penyatuan dirinya ke dalam aktifitas teman sebaya yang sedang berlangsung.

Sullivan beranggapan bahwa teman memainkan peran yang penting dalam membentuk kesejahteraan dan perkembangan anak dan remaja. Mengenai kesejahteraan, dia menyatakan bahwa semua orang memiliki sejumlah kebutuhan sosial dasar, juga termasuk kebutuhan kasih saying ( ikatan yang aman ), teman yang menyenangkan, penerimaan oleh lingkungan sosial, keakraban, dan hubungan seksual.

Ada beberapa beberapa strategi yang tepat untuk mencari teman menurut Santrock ( 2003 : 206 ) yaitu :
  • Menciptakan interaksi sosial yang baik dari mulai menanyakan nama, usia, dan aktivitas favorit
  • Bersikap menyenangkan, baik dan penuh perhatian
  • Tingkah laku yang prososial seperti jujur, murah hati dan mau bekerja sama.
  • Menghargai diri sendiri dan orang lain
  • Menyediakan dukungan sosial seperti memberikan pertolongan, nasihat, duduk berdekatan
Ada beberapa dampak apabila terjadi penolakan pada teman sebaya. Menurut Hurlock ( 2000 : 307 ) dampak negatif dari penolakan tersebut adalah :
  • Akan merasa kesepian karena kebutuhan social mereka tidak terpenuhi
  • Anak merasa tidak bahagia dan tidak aman
  • Anak mengembangkan konsep diri yang tidak menyenangkan, yang dapat menimbulkan penyimpangan kepribadian
  • Kurang mmemiliki pengalaman belajar yang dibutuhkan untuk menjalani proses sosialisasi
  • Akan merasa sangat sedih karena tidak memperoleh kegembiraan yang dimiliki teman sebaya mereka
  • Sering mencoba memaksakan diri untuk memasuki kelompok dan ini akan meningkatkan penolakan kelompok terhadap mereka semakin memperkecil peluang mereka untuk mempelajari berbagai keterampilan sosial
  • Akan hidup dalam ketidakpastian tentang reaksi social terhadap mereka, dan ini akan menyebabkan mereka cemas, takut, dan sangat peka
  • Sering melakukan penyesuaian diri secara berlebihan, dengan harapan akan meningkatkan penerimaan sosial mereka
Sementara itu, Hurlock ( 2000 : 298 ) menyebutkan bahwa ada beberapa manfaat yang diperoleh jika seorang anak dapat diterima dengan baik. Manfaat tersebut yaitu :
  • Merasa senang dan aman.
  • Mengembangkan konsep diri menyenangkan karena orang lain mengakui mereka
  • Memiliki kesempatan untuk mempelajari berbagai pola prilaku yang diterima secara sosial dan keterampilan sosial yang membantu kesinambungan mereka dalam situasi sosial
  • Secara mental bebas untuk mengalihkan perhatian meraka ke luar dan untuk menaruh minatpada orang atau sesuatu di luar diri mereka
  • Menyesuaikan diri terhadap harapan kelompok dan tidak mencemooh tradisi sosial
b. Hubungan dengan Orang Tua

Menurut Steinberg ( dalam Santrock, 2002 : 42 ) mengemukakan bahwa masa remaja awal adalah suatu periode ketika konflik dengan orang tua meningkat melampaui tingkat masa anak-anak. Peningkatan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perubahan biologis pubertas, perubahan kognitif yang meliputi peningkatan idealism dan penalaran logis, perubahan sosial yang berfokus pada kemandirian dan identitas, perubahan kebijaksanaan pada orang tua, dan harapan - harapan yang dilanggar oleh pihak rang tua dan remaja.

Collins ( dalam Santrock, 2002 : 42 ) menyimpulkan bahwa banyak orang tua melihat remaja mereka berubah dari seorang anak yang selalu menjadi seseorang yang tidak mau menurut, melawan, dan menantang standar - standar orang tua. Bila ini terjadi, orang tua cenderung berusaha mengendalikan dengan keras dan member lebih banyak tekanan kepada remaja agar mentaati standar - standar orang tua.

Berikut ada beberapa strategi yang diberikan oleh Santrock, ( 2002 : 24 ) yaitu : 
  • Menetapkan aturan-aturan dasar bagi pemecahan konflik
  • Mencoba mencapai suatu pemahaman timbale balik
  • Mencoba melakukan corah pendapat ( brainstorming )
  • Mencoba bersepakat tentang satu atau lebih pemecahan masalah
  • Menulis kesepakatan
  • Menetapkan waktu bagi suatu tindak lanjut untuk melihat kemajuan yang telah dicapai
Berdasarkan uraian tersebut maka peneliti menyimpulkan bahwa proses perkembangan remaja meliputi masa transisi biologis yaitu pertumbuhan dan perkembangan fisik. Transisi kognitif yaitu perkembangan kognitif remaja pada lingkungan sosial dan juga proses sosioemosional dan yang terakhir adalah masa transisi sosial yang meliputi hubungan dengan orang tua, teman sebaya, serta masyarakat sekitar.


DAFTAR PUSTAKA
  • http://ilmupsikologi.wordpress.com/2009/12/11/karakteristik-remaja/

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Komentar anda sangat penting bagi kami, silahkan berkomentar sesuai dengan isi judul postingan. Komentar yang berbau sara atau pornografi akan kami hapus. Buatlah diri anda senyaman mungkin di blog kami. Terimakasih..!