Top 10 JOESAFIRA blog dalam 7 hari ..


Apa itu Neobux? Klik Disini

Masa Scholastik Awal
MASA SCHOLASTIK AWAL
( Abad 9 - 12 M )

Masa ini merupakan kebangkitan pemikiran abad pertengahan setelah terjadi kemerosotan. Pemikiran filsafat pada masa sebelumnya yang didominasi golongan gereja. Pada masa ini persoalan pemikiran yang paling menonjol ialah hubunga antara rasio dengan wahyu (agama). Adapun maksudnya adalah bahwa orang yang mempunyai kepercayaan agama akan lebih mengerti segala sesuatu.

Soal yang kedua mengenai Universalia. Universalia adalah pengertian umum seperti kemanusiaan, kebaikan, keindahan, dan sebagainya. Yang dipersoalkan adalah universalia itu terdapat pada hal / barangnya sendiri ataukah hanya sekedar nama buatan pikiran belaka yang tidak riil pada barang atau bendanya.

A. Boethinus

Boethinus (480-524) hidup pada perbatasan antara masa purba dengan bad pertangahan. Ia dapat dinamakan filsuf romawi terakhir atau filsuf scholastik pertama. Ia belajar di athena dan menjadi menteri pada raja Theodorik Agung di italia. Karena dituduh mengadakan komplotan, ia dijatuhi hukuman mati. Dalam penjara ia menulis bukunya yang terkenal De consolatione fahilo sofihiae (tentang penghiburan filsafat).

B. Sekitar Istana Karel Agung

pada abad 9 dibawah pemerintahan kaisar Karel Agung, eropa mendapat stabilitas politik yang dukup besar dan kehidupan kultural dapat berkembang lagi, Karel Agung mengundang berbagai sarjana keistananya, antara lain Rahib Benediktin inggris yang bernama Alcuinus. Suatu kejadian yang penting pada waktu itu ialah bahwa pendidikan mulai diselenggarakan, dimana-mana didirikan sekolah-sekolah adatiga macam sekolah yang digabungkan dengan salah satu biara, sekolah yang ditanggung oleh keuskufan dan sekolah yang dibuka oleh raja atau seorang tuan besar.

DAFTAR PUSTAKA
  • Syadali, Ahmad. Filsafat Umum. 1997. Pustaka Setia: Bandung
  • Prof. K.Bertenes.Ringkasan Sejarah Filsafat.1988.Kasinius:yogyakarta
  • H.ttp//.www.Google.com ( Filsafat Abad Pertengahan )
  • Prof. Tafsir, Ahmad. Filsafat Umum.2005.PT. Remaja rosdakarya 


Category:

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Komentar anda sangat penting bagi kami, silahkan berkomentar sesuai dengan isi judul postingan. Komentar yang berbau sara atau pornografi akan kami hapus. Buatlah diri anda senyaman mungkin di blog kami. Terimakasih..!